News
WORKSHOP THE 3rd MCC 2016 PRESENTS HEPATITIS B VIRUS READING FROM SCRATCH WORKSHOP: “PRIMER DES

(ITD-UA) Pada 23-25 Mei 2016, Institute of Tropical Disease Universitas Airlangga (ITD UA) menggelarakan acara Pelatihan “WORKSHOP The 3rd MCC 2016 Presents Hepatitis B Virus Reading from Scratch Workshop: “Primer design and advanced

molecular technology (Real-Time PCR up to Sequencing)””. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Kelompok Studi Dengue, Kelompok Studi HIV dan Kelompok Studi Hepatitis. Tujuan pelatihan ini adalah memberikan direct training bagi para peserta tentang teknik Biologi Molekular yang terkini dan mengembangkan pengetahuan dan peningkatkan kualitas dalam bidang virologi Hepatitis B. Pelatihan ini diselenggarakan di Ruang PenyuluhanLantai 2, Laboratorium HIV, Laboratorium Hepatitis dan Laboratorium Dengue. Acara dibuka oleh Ketua ITD, Prof. Maria Inge Lusida, dr., M.Kes., Sp.MK(K)., PhD. Peserta berasal dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof. Dr.Moestopo Jakarta, Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Surabaya, Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana Kupang, S2 Ilmu Forensik Universitas Airlangga Surabaya, Universitas Muhammadiyah Surabaya, Fakultas Kedokteran  Universitas Warmadewa Bali, Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri, Fakultas Kedokteran Universitas Hassanuddin Makassar, Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah Surabaya, Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo Kendari.  Materi yang disampaikan ada 2 topik. Topik pertama tentang Hepatitis B virus, DNA ekstraksi, primer design dan PCR konvensional yang disampaikan oleh Prof. Soetjipto dr., M.S., PhD. dan topik kedua tentang Real-Time PCR dan sekuensing oleh Prof. Retno Handayani dr., M.S., PhD.

Berdasarkan survei yang kami lakukan, peserta pelatihan 90%  dengan jelas memahami materi yang telah disampaikan oleh pemateri, serta materi praktiukum sangat bermanfaat karena materi tersebut dapat memberikan informasi dan pengetahuan tentang aplikasi teknik biologi molekuler.Para peserta sangat antusias dengan praktikum yang dilakukan, karena hasil yang mereka kerjakan saat praktikum bisa dibawa pulang untuk souvenir. (Teguh_ITD).