Minum Jamu Bersama di ITD

Kunjungan Perwakilan Konsulat jenderal Amerika serikat ke ITD
March 12, 2020
Kunjungan dan koordinasi Gubernur jawa timur di ITD
March 16, 2020

Minum Jamu Bersama di ITD

Bertempat di Lembaga Penyakit Tropis dan Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, telah dilaksanakan acara ” Minum Jamu Bersama”.

Menurut Dr. Aty Widyawaruyanti, Dra,. Apt. M.Si, Ketua Departemen Farmakognosi dan Fitokimia, yang juga Ketua Kelompok Studi NPMRD dan Peneliti Lembaga Penyakit Topis, acara itu diselenggarakan untuk menggalakkan kembali minum jamu tradisional Indonesia karena khasiat jamu tradisional sudah terbukti sangat bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh. Masyarakat Indonesia, sudah sejak lama turun temurun menggunakan ramuan jamu untuk meningkatkan kesehatannya. Penelitian tentang khasiat jamu telah banyak dilakukan.

Bahan obat tradisonal Indonesia, dalam hal ini Jamu sebagian besar menggunakan bahan rempah (istilah masyarakat empon-empon) yang tumbuh subur di Indonesia seperti kunyit, jahe, kencur, temu lawak, dan lainnya. Berdasarkan hasil penelitian bahan jamu tersebut mengandung bahan aktif yg terbukti memiliki efek farmakologi. Sebagai contoh, pada kunyit dan temulawak terkandung zat Curcumin yang berkhasiat sebagai anti oksidan, mengurangi peradangan, meningkatkan produksi lendir dinding lambung, antibakteri, antivrus dan juga dapat meningkatkan sistem imun. Oleh karena itu dengan rutin minum jamu khususnya jamu kunyit dan temulawak, diharapkan daya tahan tubuh meningkat, sehingga tubuh tidak mudah terserang virus.

Hanya saja untuk mendapatkan khasiat yg diinginkan, kualitas jamu harus baik. Sehingga perlu diperhatikan cara pembuatan jamu yang baik, serta takarannya sesuai.

Dengan diselenggarakan acara “Minum Jamu Bersama” ini, civitas akademika Universitas Airlangga yang dimulai di fakultas farmasi dan lembaga penyakit tropis bisa lebih perduli dengan kesehatan tubuh ditengah maraknya pemberitaan virus corona 2019 ini dan tak hanya itu, hal ini juga untuk mengenalkan produk jamu Kunyit Asam dan Beras Kencur yang dihasilkan oleh fakultas farmasi yang bekerjasama dengan produsen jamu dengan nama coroNAIR.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com