SEMINAR DARING MANAJEMEN LABORATORIUM SERIES-1: PENYIAPAN & IMPLEMENTASI ISO/IEC 17025:2017 SEBAGAI UPAYA MENJAGA MUTU DI LEMBAGA PENYAKIT TROPIS

LAMP, Metode Alternatif Diagnosis TBC yang Sederhana, Cepat, dan Akurat
September 1, 2020
Technical webinar on laboratory testing for COVID-19
October 7, 2020

SEMINAR DARING MANAJEMEN LABORATORIUM SERIES-1: PENYIAPAN & IMPLEMENTASI ISO/IEC 17025:2017 SEBAGAI UPAYA MENJAGA MUTU DI LEMBAGA PENYAKIT TROPIS

(ITD-UNAIR) Pada tanggal 5 September 2020, Institute of Tropical Disease Universitas Airlangga (ITD UNAIR) menggelar acara Seminar Daring Manajemen Laboratorium Series-1: Penyiapan & Implementasi ISO/IEC 17025:2017 Sebagai Upaya Menjaga Mutu di Lembaga Penyakit Tropis. Workshop ini diselenggarakan oleh Satgas Penjaminan Mutu ITD-UNAIR yaitu, Dr. E. Bimo Aksono, drh., M.Kes. Tujuan seminar ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pengelola laboratorium melalui pengenalan dan pemahaman sistem manajemen mutu laboratorium ISO/IEC 17025:2017.

Peserta yang  berpartisipasi dalam seminar daring ini sebanyak 332 orang, antara lain berasal dari Pusat Unggulan Ipteks Perguruan Tinggi (PUI-PT) Pusat Studi Bioteknologi dan Konservasi Kawasan Wallacea Universitas Sam Ratulangi, Pusat Riset Rekayasa Molekul Hayati Universitas Airlangga, dan Center of Fintech and Banking Universitas Sebelas Maret, serta Kementerian Kelautan dan Perikanan, Dinas Kesehatan, Fasilitas Kesehatan, Perguruan Tinggi di Indonesia, dan beberapa Laboratoium Pengujian.

Acara dibuka oleh Prof. Maria Inge Lusida, dr., M.Kes., PhD., Sp.MK(K). selaku Ketua ITD UNAIR.  Pada seminar ini, Ir. Untari Pudjiastuti memberikan pemaparan tentang Pengenalan ISO/IEC 17025:2017, Dr. Juniastuti, dr., M.Kes. tentang Pengenalan Teknik di Laboratorium ITD terkait lingkup Virologi dan Bakteriologi, sedangkan  Dr. Sukmawati Basuki, dr., M.Sc. menyampiakan terkait Pengenalan Teknis pada lingkup Parasitologi. Ketiga pemateri tersebut dimoderatori oleh Dr. E. Bimo Aksono, drh., M.Kes.

Respon dari peserta tekait seminar daring ini sangat baik, seperti perlu diadakan kembali seminar lanjutan terkait persiapan dokumen ISO/IEC 17025:2017 dan tentang uji verifikasi dan validasi di laboratorium. (Sucipto TH, 2020)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com