PELATIHAN PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI ERA NEW NORMAL PANDEMI COVID-19

Effect of environmental transmission on leprosy incidence in children
October 14, 2020

PELATIHAN PENCEGAHAN DEMAM BERDARAH DENGUE DI ERA NEW NORMAL PANDEMI COVID-19

(ITD-UNAIR) Pada tanggal 28 Oktober 2020, Institute of Tropical Disease Universitas Airlangga (ITD UNAIR) bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Surabaya menyelenggarakan acara Pelatihan Pencegahan Demam Berdarah Dengue di Era New Normal Pandemi COVID-19. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Kelompok Studi Dengue dan Kelompok Studi Entomologi. Tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di saat pandemik COVID-19, pemahaman vektor penyakit DBD, dan meningkatkan pemahaman tentang pencegahan vektor penyakit DBD di saat pandemi COVID-19.

Acara pelatihan dibuka dengan sambutan dari Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kota Surabaya yaitu drg. Rince Pangalila, M.Kes. dan Prof. Dr. Aryati, dr., MS., Sp.PK(K). selaku Ketua Panitia. Pada pelatihan ini ada 2 materi yang diberikan, materi pertama yaitu Aspek Laboratorium Demam Berdarah Dengue di Era Pandemi COVID-19 disampaikan oleh Prof. Dr. Aryati, dr., MS., Sp.PK(K). dan materi kedua tentang Entomologi Vektor Demem Berdarah Dengue disampaikan oleh Prof. Dr. Sri Subekti, drh., DEA, serta Yessy Puspitasari, dr., Sp.PK. selaku moderator dalam pelatihan ini.

Peserta yang berpartisipasi dalam pelatihan daring ini sebenayak 60 sanitarian dari Puskesmas di Kota Surabaya dan perwakilan dari Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Respon dari peserta pelatihan daring ini sangat baik, seperti materi yang diberikan sangat bermanfaat, serta perlu diakan lagi tentang teknologi tepat guna untuk pengendalian vektor nyamuk dan jentik Aedes aegypti.

Penulis : Teguh Hari S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com