Seminar Internasional ICITD

4 PENELITI LEMBAGA PENYAKIT TROPIS LULUS PUBLONS ACADEMY
September 29, 2021
Pengaplikasian dasar kultur sel dan Realtiem PCR dalam penelitian Gelombang ke 3
December 2, 2021

Seminar Internasional ICITD

Lembaga Penyakit Tropis – RC-GERID telah menggelar acara seminar internasional dengan nama  ICITD (International Conference on Infectious and Tropical Disease) selama 2 hari yaitu tanggal 29-30 November 2021. Acara ini mengangkat tema update on management of  COVID-19 and tropical diseases.

Pada hari pertama , Acara ini diawali dengan nyanyian lagu Indonesia raya dan hymne Universitas Airlangga. Selanjutanya disajikan tarian asli indonesia yaitu cunduk menur yang dibawa oleh mahasiswi yang tergabung dalam uktk unair. Sambutan pertama dibawakan oleh Prof . dr . Maria Inge Lusida , M.Kes, PhD, Sp.MK(K) selaku ketua panitia. Sambutan kedua dibawakan oleh Prof. Dr. Kuntaman, dr., M.S., Sp.MK(K) selaku ketua perhimpunan dokter spesialis mikrologi klinik indonesia (PAMKI). kemudian Rektor Universitas Airlangga Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak, CMA memberikan sambutan terakhir sekaligus membuka acara seminar nasional ini.

Materi pertama disampaikan oleh Dr. Soedarsono, dr.,Sp.P(K) yang menjelaskan tentang managemen covid-19 di Indonesia. Pemateri  kedua  di isi oleh Dr. Gatot Soegiarto, dr., SpPD, K-AI, FINASIM terkait varian virus covid dan kebutuhan penambahan vaksin.  Selanjutnya di isi oleh Prof. Masanori Kameoka yang menjelaskan tentang pengembangan uji netralisasi untuk kandidat vaksin. Setelah itu dilanjutkan acara presentasi oral dan poster oleh para peserta.

Pada hari kedua, acara ini di awali dengan presentasi oral dan poster. Selanjutnya penyampaian materi dari keynote Speaker oleh perwakilan dari kementrian kesehatan Dr. Vivi Setiawaty, dr., M. Biomed. Materi berikutnya dibawakan oleh para invited speakers. Pemateri pertama  adalah Prof. Dr. Fedik Abdul Rantam, drh dari lembaga penyakit tropis terkait pengembangan vaksin merah putih. Pemateri kedua Prof. Dr. Habibah Wahab dari universitas sains malaysia menjelaskan tentang Upaya Penemuan Obat Berbasis Bahan Alami untuk Penemuan Obat Demam Berdarah dan COVID-19. Selanjutnya Dr. Jonathan Wong, Ph.D. selaku direktur pengembangan ilmiah, imunnitor, menyampaikan terkait pengembangan saat ini dan masa depan terkait menghadapi virus penyebab badai sitokin. Terakhir di isi oleh Prof. Kazufumi Shimizu dengan judul “COVID-19 adalah Epidemi yang Membatasi Diri: Wabah Pertama SARS-CoV-2 di Jawa Timur Berakhir dengan Penurunan Viral Load pada Pasien”.

 

Di akhir acara, Laura Navika Yamani, S.Si., M.Si., Ph.D selaku Koordinator panitia mengumumkan pemenang kompetisi presentasi oral dan poster terbaik yang diikuti oleh penutupan acara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PHP Code Snippets Powered By : XYZScripts.com